Visit Lombok-Sumbawa 2012 Part2


SUMBAWA ISLAND

Pulau yang terletak diantara pulau Lombok dan Flores ini merupakan pulau yang sangat indah dengan pemandangan eksotisnya. Memang dipulau ini sangat sulit menemukan dataran yang hijau gemilau layaknya di Pulau Jawa yang kaya akan pemandangan sejuknya, tetapi pulau Sumbawa ini lebih terkesan dengan eksotisme pantainya. Bahkan tidak kalah dengan pulau Bali. Apalagi suhu tropis dipulau ini sungguh terasa. Begitu banyak suguhan alam yang bisa didapatkan dari pulau yang merupakan bagian dari Provinsi Nusa Tenggara Barat ini. Suguhan budayanya yang masih kental hingga eksotisme viewnya. Di pulau Sumbawa ini juga terdapat 4 kabupaten kota dimulai dari Kabupaten Sumbawa Barat yang baru saja diresmikan, kemudian Kabupaten Sumbawa Besar, Kabupaten Bima, dan Kabupaten Dompu.

Jika anda berkunjung kepulau ini, ada banyak suguhan wisata yang bisa anda datangi. Saya akan menyuguhkan berbagai keindahan budaya dan panorama alam yang tersedia. Mulai dari bagian barat hingga bagian timur pulau Sumbawa.

Anda bisa berkunjung kepulau Sumbawa dengan mendarat di Bandara Selaparang, Mataram, Lombok Barat. Setelah itu anda bisa melanjutkan perjalanan menuju Pelabuhan Kayangan di Lombok Timur. Jika anda menggunakan mobil, ini akan memakan waktu kurang lebih 2 jam. Setelah itu anda bisa naik kapal ferry menuju pelabuhan Poto Tano Sumbawa, dan ini akan memakan waktu kurang lebih 2 jam.


Gambar. Pelabuhan Poto Tano

Sesampainya anda dipulau Sumbawa, anda dapat melanjutkan perjalanan menuju tempat-tempat yang anda inginkan J

Saya akan menjabarkan beberapa tempat eksotis yang bisa anda datangi. Selamat membaca, semoga anda tertarik untuk mngunjungi pulau Sumbawa.

  1. POTO BATU, SUMBAWA BARAT

Poto batu ini terletak di Kabupaten Sumbawa Barat, tepatnya di areal Taliwang. Perjalanan dari daerah Taliwang menuju kawasan Poto Tano memakan waktu sekitar 15 menit. Lebih tepatnya lagi, wilayah Poto Batu ini sangat dekat dengan desa Labuan Lalar.


Gambar. Poto batu

    Pantai berpasir hitam ini sangat menarik untuk dikunjungi. Keindahan sunset sangat terasa jika anda berkunjung ketempat ini. Nama Poto Batu berarti batu yang berada di ujung. Dipantai berpasir hitam ini memang banyak bebatuan, disamping dekat dengan tebing bukit, tetapi hal inilah yang menjadi momok keindahan pantai ini.


Gambar. Poto Batu

Gambar diatas adalah salah satu bebatuan yang terletak di tepi pantai Poto Batu. Konon katanya, bebatuan ini dulunya adalah Benteng pertahanan pada masa penjajahan. Pantai Poto Batu ini juga merupakan salah satu kawasan yang sering dikunjungi oleh penduduk lokal.

  1. PANTAI JELENGA, JEREWEH, SUMBAWA BARAT

Semakin berjalan menuju arah barat, anda akan menemukan pantai Jelenga. Pantai ini terletak di Desa Jereweh Sumbawa Barat. Pantai ini tidak kalah eksotisnya dengan pantai-pantai yang lain. Perjalanan akan memakan waktu sekitar 30 menit dari kota Taliwang.

Pantai jelenga ini merupakan pantai yang tergolong masih natural, karena jarang pengunjung yang mengunjungi pantai ini. Hanya pada musim-musim tertentu pantai ini ramai pengunjung. Di pantai Jelenga ini juga tersedia bar dan restaurant.

Sekalipun tergolong alami dan sepi, tetapi pantai ini sangat nyaman digunakan untuk sunbath, karena udara tropisnya sangat terasa. Jauhnya jangkauan dan promosi wisata yang kurang tentang pantai Jelenga ini yang menyebabkan pantai ini jarang di kunjungi.


Gambar. Pantai Jelenga


Gambar. Pantai Jelenga

  1. PANTAI BENETE, SUMBAWA BARAT

Pantai Benete, lebih tepatnya pelabuhan Benete (Benete Port). Pantai yang terletak diteluk Benete ini merupakan pantai yang sangat indah. Pantai yang berpasir hitam ini terdapat pelabuhan dan desa nelayan. Di pantai ini juga tersedia restaurant, dimana restaurantnya menyediakan makanan khas Sumbawa.

Perjalanan menuju pantai ini memakan waktu kira-kira 1 jam dari kota Taliwang. Di pantai ini terdapat dua pelabuhan. Yaitu pelabuhan benete yang biasanya digunakan untuk bersandar kapal-kapal barang, dan yang kedua adalah pelabuhan milik PT. Newmont Nusa Tenggara.

Pemandangan paling eksotis dipantai ini adalah saat malam hari. Lampu-lampu perusahaan PT. NNT itu sungguh membuat pemandangan semakin menarik. Apalagi saat malam hari didermaga pelabuhan Benete, sangat ramai pengunjung dan anda dapat menikmati gorengan-gorengan yang diperjual belikan disana J


Gambar. Pantai Benete di malam hari


Gambar. Pantai Benete –sunset-

  1. PANTAI MALUK, SUMBAWA BARAT

Ini dia pantai yang sudah tidak asing lagi di dunia wisata. Pantai ini adalah salah satu tujuan wisata yang menarik. Disamping buliran pasir putihnya yang indah, pantai ini juga masih tergolong natural. Terumbu karang yang masih alami, bersih, dan fasilitas-fasilitas yang tersedia. Seperti bar dan restaurant.

Pantai ini sering menjadi pusat wisata bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Di pantai ini juga sering diadakan berbagai acara-acara, seperti perlombaan-perlombaan dan sebagainya. Pantai yang eksotis ini sangat menarik untuk dikunjungi. Warga desa Maluk yang kebanyakan pendatang dari berbagai daerah ini, sehingga pendatang di desa ini mendominas 80%, sedangkan penduduk asli Sumbawa hanya 20%.

Jarak pantai ini dari Pantai Benete sekitar 7 KM. Tidak begitu jauh, apalagi suguhan pemandangannya yang dijamin tidak akan mengecewakan.


Gambar. Pantai Maluk


Gambar. Pantai Maluk

  1. PANTAI TROPHY, SEKONGKANG, SUMBAWA BARAT

Pantai Trophy ini adalah pantai yang terletak di kecamatan Sekongkang. Jarak menuju pantai ini sedikit lebih sulit, karena kondisi jalan yang rusak.

    Pantai yang masih natural ini, berpasir putih dan birunya air laut yang jernih. Pantai ini memang sedikit sepi, yang meramaikan biasanya wisatawan asing yang menginap di Trophy Hotel. Sedangkan penduduk lokal jarang yang mengunjungi tempat wisata ini, dikarenakan jauhnya jangkauan yang ditempuh. Jika dari kota Taliwang, kurang lebih akan memakan waktu 2,5 jam.


Gambar. Pantai Trophy Sekongkang

Beranjak ke wilayah Sumbawa Besar, disana tersedia berbagai macam wisata, mulai dari panorama pantai hingga panorama alam. Lokasi wisata antara yang satu dengan yang lainnya memang sedikit berjauhan, karena luas wilayah pulau Sumbawa yang sangat besar, serta jangkauannya yang sedikit rumit. Meskipun begitu, anda tidak akan menyesal jika sudah berkunjung kesalah satu tempat wisata, karena pemandangannya yang masih sangat alami.

Sumbawa Besar ini dulunya kabupaten yang cakupan wilayahnya sangat luas. Dulu kota Taliwang dan sekitarnya (yang kini menjadi kabupaten Sumbawa Barat) termasuk dalam cakupan wilayah Sumbawa Besar, namun setelah mengajukan referendum untuk memisahkan diri dari kabupaten Sumbawa Besar, akhirnya kota Taliwang dan sekitarnya membentuk kabupaten sendiri yaitu Sumbawa Barat, yang cakupan wilayahnya, tidak seluas Sumbawa Besar.

Saya akan menjabarkan tempat-tempat wisata yang sering dikunjungi wisatawan asing maupun penduduk lokal. Semoga anda tertarik J

  1. PANTAI LABU PADE, ALAS, SUMBAWA BESAR

Pantai Labu Pade adalah salah satu pantai yang sering dikunjungi wisatawan asing maupun lokal, dikarenakan pemandangan pantainya yang indah, didukung fasilitas-fasilitas yang lengkap. Pantai yang letaknya di kecamatan Utan, Alas, Sumbawa Besar. Perjalanan meuju tempat ini kurang lebih memakan waktu hingga 30 menit dari Pelabuhan Poto Tano.


Gambar pantai Labu Pade

  1. SEMONGKAT, SUMBAWA BESAR

Semongkat ini adalah salah satu tempat wisata alam yang tersedia dan sring dikunjungi wisatawan. Semongkat ini terletak kurang lebih 17 KM dari kota Sumbawa Besar. Jalan menuju tempat ini berkelok-kelok, tapi pemandangan diperjalanan menuju Semongkat ini sangat indah. Wilayah Semongkat ini berada kurang lebih 450 meter diatas permukaan laut. Tersedia berbagai fasilitas ditmpat ini, seperti kolam renang dan shelter


    • fuji
    • December 29th, 2011

    nggeh.. Amin..

    • fuji
    • December 28th, 2011

    sbg orang KSB (kab. Sumbawa Barat) TULEN,,, fuji sneng bgt objek wisata yang ada di KSB di posting ke halayak ramai.. biar tambah FAmous di kancah pariwisata domestik twpun mnca negara..

    Kapan k KSB Ian?? tak ajak keliling dahh … melihat betapa indahnya tanah kelahiran fj. oh Ia,, di Sumbawa jg bnyak air terjunnya loh..

    • Mudah”an bs bermanfaat ya. ^^.

      Insya Allah bsok jikalau ada ksempatan ya fj… tp gratis ya lok fj ngajak keliling.🙂

  1. mampir jg brow k blog sederhana sy…

  2. Keren artikelx ni brow…
    sy yg org Sumbwa blowm bsa mamerin t4 wisata d Sumbwa, malu jdix_sy trkesima liat pmandangan panorama pulau sumbwa d artikelmu nii…

    • satgha
    • November 10th, 2011

    wah,, jade pengen lage ke pantai trophy,, kalo surut air.a tu seru,, cari kerang ma udang,,,pemandangan.a juga asik,, dan banyak monyet yang loncat2 tu d sana,,,

    pengen ke Benete malem2 juga,,, keren lampu2.a tu terang benerr,, ada mercusuar juga,, wah keren, benete malem2 kaya las vegass,,,,

  3. Ralat, Labu Pade bukan di alas tapi di Kecamatan Utan.

    visit : http://www.travelicioussumbawa.blogspot.com

    • fllashreload
    • October 10th, 2011

    Semoga bisa berkunjung kesana..
    silahkan mampir ke gubug kami ..http://banggawisatalokal.blogspot.com

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: