Rokok?



Antara perokok dan bukan perokok sepertinya tak ada batas lagi. Saya sebagai orang yang memilih untuk tidak menghisapnya tidak punya kewenangan sedikitpun untuk mengatakan bahwa rokok tidak baik.  Walaupun setiap iklan rokok tak lupa membubuhi pesan-pesan keburukannya.



Saya juga tidak punya kewenangan untuk menghakimi bahwa seorang perokok merupakan orang yang seperti ini atau seperti itu. Karena pada dasarnya sebuah keputusan merokok atau tidak merokok adalah mutlak kebebasan pribadi seseorang.

Saya tak mengerti secara detail mengenai ini dan itunya si rokok. Apakah ia begitu jahat atau ia hanya setengah jahat atau ia pura-pura jahat. Mengenai hal ini saya harus banyak menyelam lagi. Tapi yang jelas hingga saat ini, begitu banyak manusia yang menderita secara fisik akibat menghisap rokok ataupun menderita karena tak sengaja menghisapnya. Seperti halnya orang ini:


Jika penderitaan itu datang atas kesengajaan, tampaknya tak akan ada masalah didalamnya. Karena toh, setiap orang yang menghisapnya tahu dengan pasti apa yang akan dihadapi kelak. Namun, jika penderitaan itu datang atas ketidaksengajaan, tampaknya dapat dikatakan sebagai masalah. Ketidaksengajaan inilah yang saya permasalahkan.

Ketidaksengajaan seseorang dalam menghisap rokok itu juga tak jelas berpengaruh seperti apa terhadap diri penghisapnya. Saya juga harus banyak menyelaminya. Walaupun tak jelas apa saja dan bagaimana ia merusak tubuh manusia yang tak sengaja menghisapnya, yang jelas semua orang tahu asap itu bukan vitamin bagi tubuh. Asap itu bersifat merusak.

  1. sip gan….

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: